Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6

Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6 Khusus saya hadirkan pada artikel kali ini. Sebenarnya membuat Gradasi pada efek tidaklah terlalu sulit. Untuk informasi terlebih dahulu, saat ini saya sudah memakai corelDRAW dengan seri X6 meskipun sudah ada yang lebih tinggi tapi rasanya versi ini masih sangat mumpuni untuk pekerjaan dalam membuat Gradasi. Kembali ke masalah gradasi, Gradasi sendiri berdasarkan pengertian dalam dunia desain atau Corel adalah perpaduan warna dua atau lebih macam warna dalam satu obyek. Mungkin agak ribet atau susah pengertiannya jika tanpa contohnya. Nah, silahkan kalian lihat langsung contoh dari gambar gradari di bawah ini. (Baca juga: Cara Mudah Menggambar Vektor Wajah Menjadi Kartun)

MODEL: Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6 image
MODEL: Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6
Nah, sudah ada gambaran kira-kira untuk memahami Gradasi sebelum kita lanjut pada ulasan selanjutnya? Mudah-mudahan tidak ada kendala pada tahap awal ini ya. Saran saya, cukup anggap mudah gitu saja, -Insha Allah- kedepannya akan mudah terus, heheheh!

Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6

Sebenarnya CorelDRAW sendiri sudah memberikannya dalam kelompok fountain fill. Letaknya paling gampang ditemukan adalah di toolbox satu kelompok dengan Fill Tool. Jika dibuka maka terdapat box pop up yang berisi tentang pengaturan tentang pilihan gradasi. Oke, langkah sederhananya Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6 kamu langsung menuju TKP dan di sana sudah disodori beberapa pilihan, diantaranya :

Type: adalah tentang jenis gradasi yang akan digunakan misalnya adalah Linear, bersifat satu arah gradasinya. Bisa dilihat previewnya di sebelah tabel Type. Terdapat empat jenis gradasi yang disediakan secara default oleh Coreldraw diantaranya Linear, Radial, Square, Conical.

Options: Pengaturan penampakan gradasi yang dihasilkan terlebih lagi dalam pengaturan posisinya atau angle. Dalam options bisa menggunakan angka pada tabel Angle atau menggeser preview picture sesuai keinginan.

Color Blen: Terdapat dua pengaturan yaitu two color atau custom. Arti dari custom adalah bisa mencampur lebih dari dua warna. Jika bisa belajar lebih dalam tentang gradasi ini maka bisa dihasilkan project yang sangat menawan.

Kalau mengikuti Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6  saya yakin cukup mudah bukan. Nah, untuk tahap ini kamu akan saya ajak untuk berkelana mengkrasi Gradasi menjadi sesuatu lebih unik dan tidak biasa, yakni mengubah Gradasi menjadi binti-bintik. Bagaimana caranya? Sekilas mengenalkan Gradasi bintik-bintik biasa diperlukan untuk kepentingan percetakan terutama jika ingin menggunakan teknik sablon. Selain itu, Gradasi bintik-bintik bisa dieratkan dengan desain retro.

Memang sedikit lebih panjang dari penjelasan gradasi warna biasa. Tapi hasilnya sangat keren dan pasti memuaskan. Pada bagian inilah sejatinya Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6 ini menemukan daya teriknya bagi desainer pemula. Orang desain biasa menyebut teknik ini adalah dengan sebutan “raster kasar” karena memang jika dilihat tidak halus menyatu seperti di gradasi warna awalnya. Untuk menggunakan teknik ini harus terlebih dahulu kamu mempelajari teknik bitmap. Jangan khawatir, Perhatikan dan ikuti caranya di bawah ini: (Baca juga: Model Gambar Vektor)

Teknik Bitmap: Pada dasarnya objek yang digunakan dalam layar kerja CorelDraw ada dua yaitu “Vektor” dan “Bitmap”. Langkahny gampang banget, pertama pilih objek yang akan dirubah kemudian klik “Bitmap” pada menu bar klik “convert to Bitmap”. Maka, akan muncul box yang merupakan pengaturan bitmap itu sendiri. Jika sudah sesuai dengan selesa maka tinggal klik OK. 

Kita akan mencoba membuat project sederhana seperti model di bawah ini, yang menggunakan prinsip gradasi bintik-bintik. Lanjutan dari langkah atau tahapa pertama Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6 yang kita bahas di awal tulisan ini. Oke meluncur langsung ke TKP, Gan.
Cara Membuat Gradasi di Corel Draw X6
MODEL1 : Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6

  • Buat Tulisan “Halftone” dengan warna sesuai keinginan kemudian klik “Countour Tool” 
  • Atur ketebalan dengan memilih “outside countour” pada property bar kemudian klik kanan pada hasil countour tadi dan pilih “Break Countour Group Apart” atau menggunakan keyboard dengan menekan “Ctrl + K”. Tulisan “Halftone” dan “Countour” berwarna hitam sekarang bukan lagi satu kesatuan. 
Pilih hasil countour tadi kemudian bitmap objek tersebut menggunakan “Teknik Bitmap” dengan pengaturan Resolusi 300 dpi dan Color Mode nya adalah RGB. Dan sekarang objek tersebut berubah menjadi bitmap.
  • Seleksi objek bitmap tersebut kemudian pilih “Bitmap” kemudian “Blur” sorot “Gaussian Blur” dan atur blur yang berbentuk seperti shadow tersebut. Klik OK.
  • Pastikan objek bitmap tersebut masih dalam keadaan terseleksi. Klik kembali “Bitmap” pilih “Color Transform” klik “Halftone”. Atur seluruh warna full ke parameter kanan dan atur dot atau titik untuk gradasi yang diinginkan. Sebelum di OK, bisa terlebih dahulu di preview dengan mengaktifkan icon gembok.
  • Masih terseleksi objek bitmap tersebut. Pilih “Bitmap” dan “Convert to Bitmap” pilih color mode nya “Black and White (1 bit)” dan klik OK.
Raster Kasar pada Corel Draw
MODEL 2. Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6
  • Untuk mengubah warna dot, KLIK KANAN MOUSE pada warna yang diinginkan. Jangan lupa sebelumnya KLIK KIRI ICON NO COLOR pada tabel warna paling atas (tanda Silang). Selesai dan lakukan hal yang sama pada tulisan “GRADASI” seperti langkah “HALFTONE”.
Finish. Demikian Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6 yang bisa saya jabarkan pada kawula desainer sekalian, agak panjang memang penjelasannya akan tetapi tentunya akan sangat sebentar jika sudah dipelajari berkali-kali. Semoga sedikit tips ini bisa membantu dalam pengembangan kemampuan kalian dalam belajar desain menggunakan CorelDraw. Terima Kasih atas pastisipasinya dengan bersedia mengunjungi blog sederhana ini. Salam desainer...

0 Response to "Cara Mudah Membuat Efek Gradasi dengan CorelDRAW X6"

Posting Komentar

Silahkan sematkan komentar untuk memperkaya konten blog www.tanpahkaa.blogpsot.com.
Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda!